FoodFood Around The World

Jiaozi, Makanan Tradisional Asal Cina Yang Sangat Lezat

Cina terbagi atas 34 provinsi dan masing-masing provinsi tersebut memiliki keunikan tersendiri, termasuk juga di dalamnya soal makanan. Ada berbagai macam jenis kuliner yang disajikan di Negeri Tirai Bambu tersebut, tidak heran kenapa makanan ala Cina bisa menjadi favorit banyak orang. Salah satu makanan tradisional Cina yang sangat populer disebut dengan dumpling. Dumpling merupakan jenis makanan yang dibungkus kulit tepung dan di dalamnya dimasukan berbagai macam jenis makanan seperti daging ayam, udang, jamur, wortel, dan lain-lain. Dumpling sendiri ada dibagi lagi jenisnya, salah satu jenis dumpling yang akan dibahas kali ini disebut dengan jiaozi.

Apa Itu Jiaozi?

Jiaozi

Steam Jiaozi via www.breadboozebacon.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jiaozi merupakan salah satu jenis dumpling yang menjadi makanan tradisional orang Cina. Tidak cuma di Cina, di berbagai belahan dunia juga disajikan jiaozi hanya saja berbeda cara masak dan variasi. Adalah Asia bagian Timur yang paling sering dan populer mengkonsumsi jiaozi. Biasa dimasak pada saat Tahun Baru Cina atau Imlek. Orang Cina sering menjadikan makanan ini sebagai sarapan karena ukurannya yang kecil namun bisa mengenyangkan.

Cara Membuat

Penasaran seperti apa rasanya? Kalian bisa kok membuatnya di rumah karena tidak sulit untuk membuatnya. Bagian dalam bisa kalian isi dengan daging yang telah dicincang dan sayuran. Bisa daging, ayam, sapi, kambing atau babi. Daging cincang dan sayur tersebut dikepal dan dibungkus menggunakan adonan tepung yang telah diratakan dengan menggunakan penggiling adonan. Bentuk jiaozi mirip dengan yuanbao, mata uang yang digunakan pada masa kerajaan Cina. Bagi yang vegerarian bisa mengganti daging dengan sejumlah sayuran seperti jamur, bawang, kol, dan telur. Di Indonesia, bentuk makanan ini sangat mirip dengan pastel.

Ada 3 metode masak yang bisa digunakan untuk menyajikan jiaozi. Semua tergantung pilihan kalian lebih suka yang mana. Metode tersebut adalah digoreng, dikukus, dan direbus.

Dimana Bisa Menikmati Jiaozi?

Pan Fried Jiaozi

Pan Fried via www.forksnchopsticks.blogspot.co.id

 

Setelah mendapat penjelasan tentang makanan tradisional Cina ini, pasti kalian penasaran ingin menyicipinya bukan? Lalu dimakah tempat terbaik untuk menikmatinya? Di Cina sendiri, makanan yang sering disajikan sebagai sarapan ini sudah seperti makanan sehari-hari, jadi kamu pasti akan menemukannya di tiap restoran atau di pinggir jalan jika berkunjung ke Cina. Bagi kalian yang memiliki banyak ide atau hobi masak. kalian bisa coba membuatnya sendiri di rumah. Kalian bisa saja bereksperimen menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa. Nah, bagi yang vegetarian juga bisa berkreasi sendiri dengan menggunakan sayuran yang kalian suka.

Share: