Nepal adalah negara kecil di daerah Asia Selatan yang berbatan dengan India, Tibet, Bangladesh, dan Butan. Puncak gunung tertinggi yakni Himalaya bisa dicapai dari negara kecil ini. Karena menggunakan bahasa yang sama dengan India, banyak orang yang menganggap bahwa Nepal adalah bagian dari India, padahal tidak. Karena memiliki luas yang tidak terlalu besar membuat banyak orang menganggap remeh Nepal. Padahal di Nepal banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan juga kuliner yang menarik. Khusus pada kali ini kita akan membahas tentang kulinernya. Kuliner di Nepal tidak lepas dari pengaruh India yang terkenal akan pedasnya dan kuliner Tibet yang terkenal akan dumpling. Tidak perlu berlama-lama, inilah 10 makanan terkenal di Nepal.

Chicken Dumpling

Momo

Momo via www.youtube.com

Kuliner di Nepal sangat dipengaruhi oleh negara tetangganya, terutama India dan Tibet. Nah, di Tibet terkenal akan salah satu makanannya yakni dumpling, di Nepal juga kalian bisa menemukan dumpling. Di Nepal, dumplingnya dikenal dengan nama momo dan menjadi salah satu makanan favorit orang Nepal. Hampir semua restoran dan hotel menyediakan menu momo.

Momo adalah dumpling yang dibuat dengan menggunakan daging cincang dan sayuran. Daging yang menjadi favorit di Nepal adalah daging kerbau. Tapi kalian bisa temukan juga momo yang menggunakan daging sapi, ayam, dan domba. Ada 2 metode masak momo yakni direbus dan dipanggang. Yang mana enak? Silahkan coba sendiri.

Dal Bhat Tarkari

Dal Bhat Tarkari

Dal Bhat Tarkari via www.wildseasoning.wordpress.com

Dal memiliki arti lentil atau kacang-kacangan, bhat adalah nasi yang disteam, dan tarkari adalah curry. Jadi, Dal Bhat Tarkari adalah nasi steam yang disajikan bersamaan dengan kacang-kacangan dan curry. Mencari Dal Bhat Tarkari tidaklah sulit karena ini adalah makanan favorit dan bisa ditemukan di seluruh Nepal. Sangat ideal bagi kalian yang sedang diet karena memiliki komposisi daging dan sayur yang seimbang.

Noodle Soup

Noodle Soup

Noodle Soup via www.beforeitsnews.com

Dimanapun kalian pergi, pasti bertemu dengan yang namanya mie, begitu juga di Nepal. Dianggap sebagai makanan sup tradisional, noodle soup sangat mudah untuk dibuat. Mie yang dicampur dengan ayam, dan jahe ini memiliki cita rasa yang unik. Jangan khawatir bagi kalian yang vegetarian karena tanpa dagingpun, noodle soup masih terasa enak.

Aalu Tama

Aalu Tama

Aalu Tama via www.foodpleasureandhealth.com

Aalu tama juga termasuk salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Nepal tertutama bagi penduduk yang tinggal di daerah perbukitan. Kentang atau aalu diblender bersama dengan rebung kemudian ditambah dengan black eyed bean. Berbicara soal rasa, aalu tama memiliki rasa yang asam. Jika ingin rasa yang lebih seimbang, bisa ditambahkan yoghurt.

Mutton Curry

Mutton Curry

Mutton Curry via www.mareenasrecipecollections.com

Ketika tiba saatnya makan malam, hidangan yang pasti dan sempurna untuk dinikmati bersama adalah mutton curry. Disajikan bersama dengan chapati dari India dengan beras Basmati. Yummy…

Gundruk Dhido

Gundruk Dhido

Gundruk Dhido via www.travelmadeasier.com

Mencari makanan yang sehat, gundrok dido adalah pilihan yang tepat. Kenapa? Karena makanan satu ini sugar free atau bebas gula. Dhido adalah bubur jagung yang dibuat dengan menggunakan tepung jagung, jawawut, dan jagung. Disajikan bersama dengan gundruk, gundruk sendiri merupakan sayur-sayuran yang telah dikeringan dan difermentasi. Di hotel, kamu bisa menambahkan dhido dengan yang namanya ledo masu (saus daging ayam, kambing atau babi).

Sel Roti

Sel Roti

Sel Roti via www.tasteofnepal.blogspot.co.id

Salah satu festival yang dirayakan di Nepal adalah Tihar. Merupakan sebuah festival keagamaan yang dirayakan dengan tari-tarian, bernyanyi, dan lilin. Sel roti ini adalah makanan yang khusus disajikan pada festival Tihar. Dibuat dari tepung nasi semi cair, cardamom, cinnamon, butter, krim, pisang, dan gula.

Veggie Rice

Veggie Rice

Veggie Rice via www.indiancuisinesanangelo.com

Disebut juga dengan nama veg pulao. Salah satu makanan yang cocok dihidangkan untuk makan malam. Sangat ringan sehingga tidak akan membuat perut terlalu kenyang. Bahan yang digunakan sangat sederhana yakni beras Basmati dan sejumlah sayur-sayuran.

Beans Stew

Beans Stew

Beans Stew via www.nepalitummy.blogspot.co.id

Sangat bernutrisi tinggi, inilah yang namanya beans stew. Biasa disebut juga dengan nama kwati. Umumnya dibuat dengan 9 bahan dasar yaitu black gram, green gram, buncis, field bean, kedelai, field pea, garden pea, kacang tunggak, dan beras kacang..

Lamb Bhutuwa

Lamb Bhutuwa

Lamb Bhutuwa via www.elthamyeti.co.uk

Belum lengkap rasanya jika kamu pergi ke Nepal tapi tidak mencoba yang namanya lamb bhutuwa. Daging domba panggang disajikan bersama dengan sayuran, nasi, dan acar tomat. Harus dicoba sendiri bagaimana enaknya dari lamb bhutuwa ini barulah kalian bisa percaya.

Share: