HealthNews

Apa Itu Fenomena Equinox?

Tanggal 21 Maret 2017 ini, Indonesia akan mengalami yang namanya fenomena Equinox. Tunggu dulu, apa sih yang dimaksud dengan fenomena Equinox? Pasti di antara kalian ada yang tidak mengerti dan lagi, apa efeknya bagi orang Indonesia? Untuk lebih jelasnya mengenai fenomena Equinox, akan dibahas oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG

BMKG via www.kompas.com

Fenomena Equinox merupakan fenomena dimana matahari melintasi tepat di garis Khatulistiwa. Biasanya, fenomena ini terjadi hanya 2 kali dalam setahun yaitu 21 Maret dan 23 September. Lalu, apa efek fenomena ini pada kita orang Indonesia?

Mengenai efek dari fenomena melintasnya matahari di garis Khatulistiwa, sempat beredar isu melalui aplikasi WhatsApp bahwa nanti suhu di Indonesia bisa mencapai 40 derajat Celcius. BMKG menjelaskan bahwa fenomena yang akan dialami Indonesia tersebut berbeda dengan Heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah dimana terjadi peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama. BMKG menghimbau warga Indonesia tidak perlu mengkhawatirkan isu tidak benar mengenai fenomena Equinox.

Ditegaskan kembali bahwa fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Perlu diketahui bahwa rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia hanya bisa mencapai 32 sampai 36 derajat Celsius. Jika suhu di beberapa wilayah di Indonesia terasa lebih panas daripada biasanya, hal tersebut dikarenakan Indonesia saat ini memang sedang memasuki masa transisi atau pancaroba. Ada baiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

Share: