FitnessHealth

6 Kesalahan Latihan Leg Press Yang Paling Sering Dilakukan

Otot kaki adalah otot terbesar yang ada pada tubuh. Jika otot kaki tidak dilatih, maka kesimbangan tubuh akan goyah karena kakilah yang menjadi penopang berat badan. Bagi para fitness addict, melatih otot kaki merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu latihan yang bagus untuk melatih kekuatan otot kaki adalah dengan latihan menggunakan alat yang disebut dengan leg press machine.

Melihat orang berlatih leg press mungkin terlihat gampang, cukup dengan menaikkan dan menurunkan beban saja. Tapi, ada 6 kesalahan latihan leg press yang ternyata sering dilakukan oleh banyak orang tanpa mereka sadari. Mungkin kamu juga termasuk salah satu yang pernah melakukan kesalahan ketika melakukan leg press.

Kesalahan Pertama: Menurunkan Bar Terlalu Dalam

Lowering Sled Too Far

Lowering Sled Too Far via www.bodybuilding.com

Ketika kalian menurunkan beban terlalu ke bawah, maka posisi pantat akan sedikit lebih tinggi dari punggung. Semakin sering kalian melakukan kesalahan ini, maka resiko cidera punggung akan semakin besar. Sedikit saran, usahakan menurunkan beban jangan sampai pantat terangkat lebih tinggi dari punggung. Tetap posisikan pantat pada sandaran.

Kesalahan Kedua: Melakukan Partial Reps Di Awal

Partial Reps

Partial Reps via www.bodybuilding.com

Partial reps atau repitisi parsial merupakan teknik latihan dimana repitisi yang dilakukan lebih pendek. Teknik ini merupakan kebalikan dari full range of motion(ROM). Latihan ini memang bagus untuk dilakukan, namun ketika latihan leg press, ada baiknya teknik partial reps dilakukan pada akhir set latihan.

Kesalahan Ketiga: Posisi Tumit Tidak Sempurna

Not Having Your Heels On The Sled

Not Having Your Heels On The Sled via www.bodybuilding.com

Memposisikan tumit tidak pada pijakan adalah kesalahan umum yang banyak fitness mania lakukan. Dengan tumit yang tidak menapak pada pijakan membuat beban pada lutut semakin meningkat. Ini bisa memperbesar resiko cidera pada lutut.

Kesalahan Keempat: Lutut Terlalu Menekuk Ke Dalam

Knees Collapse Inward

Knees Collapse Inward www.bodybuilding.com

Dengan ditekuknya lutut ke arah dalam bisa membuat kalian mengalami cidera anterior cruciate ligament(ACL). Ini dikarenakan posisi tersebut membuat otot pinggul dan gluteus sedang dalam posisi lemah sehingga dapat menciderai lutut.

Kesalahan Kelima: Pijakan Kaki Tidak Sempurna

Turning Feet Excessively Inward Or Outward

Turning Feet Excessively Inward Or Outward via www.bodybuilding.com

Jika kaki tidak diposisikan dalam posisi yang benar, maka beban pada lutut akan meningkat. Posisi yang benar adalah dengan memposisikan kaki selebar bahu dan pijakan tidak terlalu terbuka atau terlalu ke dalam.

Kesalahan Keenam: Lutut Di Kunci

Locking Knees

Locking Knees via www.bodybuilding.com

Mengunci kedua lutut pada saat melakukan leg press adalah kesalahan besar yang dilakukan oleh banyak orang. Pada saat itulah beban akan berpindah dari otot ke sendi. Baik kalian yang tidak memiliki masalah pada lutut ataupun yang tidak, hindarilah mengunci lutut seperti tampak pada gambar di atas.

Share: