FitnessHealth

8 Tips Menjalankan Fitness Meski Sedang Puasa

Mayoritas fitness mania yang beragama Islam pasti berpendapat bahwa sebaiknya tidak fitness dulu selama bulan puasa. Alasannya simple, puasa akan membuat tubuh lemas karena tidak mendapatkan asupan makanan, daripada latihan jadi tidak efektif, lebih baik fitness diliburkan lebih dahulu. Sebenarnya yang benar adalah, selama puasa, kita tetap bisa melakukan aktivitas secara normal, termasuk itu pergi ke gym. Jika kalian khawatir, berikut ada 10 tips agar fitness tetap bisa berjalan lancar meski sedang puasa.

Konsisten

konsisten

konsisten via www.self.com

Hal apapun yang dilakukan haruslah dengan konsisten. Jika tidak, tujuan yang hendak kamu capai hanya akan menjadi mimpi belaka. Bulan puasa yang akan datang tidak lama lagi semoga tidak menjadi salah satu penghalang untuk mencapai berat badan yang ingin kalian impikan. Entah itu menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan, fitness sebaiknya tidak dilupakan.

Sahur Mendekati Imsyak

Sahur

Sahur via www.magicworld.su

Kunci penting supaya puasa bisa tahan lama adalah sahur. Banyak orang yang gagal menjalankan ibadah puasa karena melupakan yang namanya sahur. Bangun lebih pagi untuk sahur bisa membantu kalian untuk beraktivitas ringan seperti mencuci piring dan solat.

Perhatikan Nutrisi Ketika Saat Sahur

Nutrisi

Nutrisi via www.childventures.ca

Apa yang kalian makan akan menjadi penentu apakah kalian bisa tahan puasa sehari penuh atau tidak. Karena itulah penting untuk memilih nutrisi yang tepat ketika sahur. Jangan lupakan karbohidrat, protein, serat, buah, serta air putih agar puasa berjalan lancar.

Lakukan Aktivitas Secara Biasa

Bekerja

Bekerja via www.freepik.com

Melakukan aktivitas sehari-harti saat puasa dapat membantu mengurangi rasa lapar. Apalagi jika kalian melakukannya tanpa beban, tanpa terasa hari sudah sore.

Fitness Mendekati Buka Puasa

Fitness

Fitness via www.violenceanddevelopment.org

Ketika sedang menjalani ibadah puasa, pertanyaan yang cukup sering ditanyakan adalah, kapan waktu yang tepat untuk fitness? Jawabannya adalah jam 16:30. Jadi, ketika selesai olahraga, kalian bisa langsung menikmati hidangan buka puasa.

Pemanasan Dan Pendingingan

Stretching

Stretching via www..sunlighten.com

Terdengar sederhana, tapi pemanasan adalah hal penting untuk dilakukan sebelum olahraga. Setelah selesai olahraga jangan lupakan juga yang namanya pendinginan.

Perhatikan Beban Angkatan

Lifting Weights

Lifting Weights via www.huffingtonpost.com

Mengejar target memang boleh, tapi jangan memaksakan diri untuk angkat beban terlalu berat. Tidak bisa dipungkiri bahwa puasa akan membuat tenaga kalian akan sedikit berkurang. Tidak ada salahnya jika kalian mengangkat beban yang lebih ringan daripada yang biasanya.

Jangan Takut Konsumsi Suplemen

Suplemen

Suplemen via www.fitnessbyandrew.com

Tips terakhir adalah jangan takut untuk mengkonsumsi suplemen. Karena setelah kalian berpuasa selama kurang lebih 12 jam, apa yang akan kalian makan setelah puasa akan cepat diserap oleh tubuh. Pastikan kalian mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga protein.

Share: