HealthNews

Karbohidrat Terbaik Bagi Mereka Yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Selama bertahun-tahun, orang mempercayai bahwa penyebab naiknya berat badan adalah karena konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak. Oleh karena itu, munculah diet yang menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Metode diet tersebut memang efektif menurunkan berat badan, tapi, kita tidak bisa melupakan karbohidrat karena itu yang menjadi sumber tenaga kita. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan karbohidrat yang tepat.

Jelai

Barley

Barley via www.visitsteamboat.com

Jelai adalah makanan super yang masih termasuk dalam golongan gandum. Jelai yang kaya akan serat bisa menstimulasi hormon di usus sehingga bisa membantu mengatur nafsu makan dan metabolisme.

Roti Gandum

Whole-Grain Bread

Whole-Grain Bread via www.kingarthurflour.com

Mencari sumber kabohidrat lain? Kenapa tidak mencoba roti gandum? Mereka yang rajin mengkonsumsi roti gandum selama 12 minggu berhasil mengurangi lemak membandel yang ada di perut.

Kacang Chickpea

Chickpeas

Chickpeas via www.momjunction.com

Rajin mengkonsumsi kacang-kacangan, termasuk di dalamnya kacang chickpea, kacang polong, dan lain sebagainya bisa mencegah berat badan naik. Kacang-kacangan juga bagus dikonsumsi sebagai camilan di kala senggang. Tuang sejumlah kacang chickpea ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan 3 sendok makan olive oil.

Buah Pir

Pears

Pears via www.almanac.com

Sebuah studi yang dilakukan di Annals of Internal Medicine menemukan hasil bahwa orang dewasa yang rutin mengkonsumsi 30 gram serat dari buah pir, berat badannya turun sebanyak 2,2 kg dalam setahun, tanpa melakukan perubahan terhadap menu dietnya. Pir ukuran sedang setidaknya mengandung 6 gram serat, jauh lebih tinggi daripada buah lainnya.

Biji Gandum

Quinoa

Quinoa via www.well-beingsecrets.com

Biji gandum mengandung serat 2 kali lebih banyak daripada gandum biasa. Tidak hanya itu, biji gandum ternyata mengandung protein. Singkat kata, kamu bisa melewatkan lemak jenuh yang terkandung dari steak tapi masih bisa mendapatkan asam amino dari biji gandum.

Popcorn

Popcorn

Popcorn via www.hesca.org

Ternyata popcorn dipenuhi oleh biji-bijian dan serat. Dari hasil studi, para sukarelawan yang mengkonsumsi popcorn mengatakan bahwa ngemil popcorn jauh lebih menyenangkan daripada ngemil keripik kentang.

Kacang Hitam

Black Beans

Black Beans via www.foodandstyle.com

Kacang hitam sangat kaya akan serat. Makanan ini sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan jantung, diabetes, dan kanker.

Ubi Manis

Sweet Potatoes

Sweet Potatoes via www.mnn.com

Ubi manis adalah sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Mengandung 27 gram karbohidrat, ubi manis dapat membantu menjaga gula dalam darah. Jadi, metabolisme tubuh bisa berjalan lebih efisien. Namanya memang ubi manis, tapi kalian tidak perlu takut karena ubi ini free sugar alias bebas gula.

Pasta Gandum

Whole-Wheat Pasta

Whole-Wheat Pasta via www.thefresh20.com

Pasta memang lezat, tapi tidak semua pasta bisa kalian makan apabila ingin menurunkan berat badan. Adalah pasta yang terbuat dari gandumlah yang bagus bagi mereka yang sedang dalam program menurunkanberat badan.

Kacang Hijau

Green Peas

Green Peas via www.bonnieplants.com

Kacang hijau adalah menu wajib yang harus kamu tambahkan ke dalam menu diet. Hanya setengah cup kacang hijau dapat memberikan kamu 4 gram protein dan serat. Jadi, mengkonsumsi kacang hijau bisa membuat perut tetap penuh dan menjauhkan keinginan dari ngemil.

Oatmeal

Oats

Oats via www.celiac.org

Oatmeal telah mendapatkan reputasi yang bagus sebagai makanan sehat. Oatmeal termasuk ke dalam jenis karbohidrat kompleks yang bila dikonsumsi bisa membuat kenyang lebih lama. Dengan tambahan cinnamon, almond butter, atau gula merah, oatmeal menjadi menu sarapan yang menyehatkan.

Beras Merah

Brown Rice

Brown Rice via www.livescience.com

Mengganti beras putih menjadi beras merah adalah pilihan yang tepat jika ingin menurunkan berat badan. Di dalam beras merah terkandung serat, magnesium, dan vitamin B6 yang lebih tinggi daripada beras putih.

Teff

Teff

Teff via www.huffingtonpost.com

Karena tidak mengandung gula, teff menjadi makanan yang populer bagi sebagian orang. Teff sebenarnya adalah jenis bijian gandum yang tergolong baru. Teff mengandung banyak zat besi, protein, vitamin C, dan kalsium. Mengkonsumsi 1 cup teff mengandung nilai gizi yang setara dengan 1/2 cup bayam.

Kamut

Kamut

Kamut via www.grainplacefoods.com

Tidak banyak orang yang pernah mendengar makanan yang bernama kamut ini. Kamut adalah salah satu jenis gandum yang kaya akan lemak, selenium, vitamin E, zat besi, dan memiliki serat lebih tinggi daripada gandum yang biasa kita makan. Kamut adalah sumber karbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi.

Share: