FitnessHealth

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Fitness Mania Ketika Bulking

Fitness mania tentunya sudah tidak asing dengan istilah bulking dan cutting. Bulking adalah saat dimana seseorang menaikkan berat badan, terutama massa otot. Sedangkan cutting adalah momen dimana pengurangan massa lemak dalam tubuh tanpa mengurangi massa otot agar terlihat lebih lean atau berisi. Saat menjalani momen bulking, orang biasanya akan melakukan latihan super berat ditambah dengan lebih banyak memasukkan kalori ke dalam tubuh. Cutting dilakukan dengan cara bermain dengan beban ringan dan memangkas sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Menjalani proses bulking tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh fitness mania ketika menjalani proses menaikkan berat badan ini. Apa saja? Simak di bawah ini.

Kesalahan 1: Makan Dengan Bebas

Bad Eating

Bad Eating via www.musclecoach.com.au

Inilah kesalahan paling pertama dan yang paling sering dilakukan oleh mereka yang hendak menaikkan berat badan. Apapun makanan yang ada di hadapan mata, entah itu bergizi atau tidak, semuanya disikat bersih. Perlu diketahui, meski dalam masa menaikkan berat badan, kita tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan. Makanlah makanan yang bergizi, yang memang dibutuhkan untuk menambah massa otot.

Kesalahan 2: Bulking Selamanya

Forever Bulk

Forever Bulk via www.elitefts.com

Apa kalian yakin mau terus menerus menjalani proses bulking? Terus menjalani prosess bulking tidaklah bagus bagi tubuh. Apa kalian tidak ingin terlihat lean atau berisi? Atau kalian lebih ingin terlihat besar karena lemak?

Kesalahan 3: Bulking Atau Cutting?

Bulk or Cut

Bulk or Cut via www.traineatgain.com

Ketika mulai masuk ke dunia fitness, ada 2 masa yang akan membingungkan. Apakah mau bulking atau cutting? Masa bulking memang menyenangkan karena berat badan impian kita bisa tercapai dan tentunya bisa makan apa saja (kesalahan 1). Cutting justru dihindari banyak orang karena tubuh terlihat lebih kecil dan harus mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kesalahan 4: Tidak Sabar

Impatient

Impatient via www.bodybuilding.com

Ketidaksabaran akan mengantar siapapun menuju kegagalan. Itulah yang akan terjadi pada siapapun, termasuk mereka yang ingin mencapai berat badan yang diinginkan. Jangan langsung putus asa dan menyerah jika berat badan yang diinginkan masih belum tercapai meski sudah diet dan olahraga selama berbulan-bulan. Koreksi dulu apa yang telah kalian lakukan, apakah itu sudah benar? Perlu kalian ketahui, membentuk tubuh ideal tidaklah mudah, dibutuhkan waktu dan kesabaran.

Kesalahan 5: Terlalu Keras Olahraga

Workout

Workout via www.bodybuilding.com

Ketika dalam masa menaikkan berat badan, adalah hal yang wajar jika orang sangat menggebu-gebu untuk olahraga dengan keras. Olahraga terlalu keras, ditambah dengan melahap segala makanan, hasilnya tidak akan memuaskan. Latihan terlalu berat bisa meningkatkan resiko cidera.

Share: