HealthTips

6 Tips Berguna Bagi Kalian Yang Sedang Menjalani Proses Bulking

Bulking adalah proses dimana seseorang menjalani sebuah program yang bertujuan untuk menaikkan berat badan. Sebisa mungkin berat badan yang naik adalah berat otot, bukan berat lemak. Seringnya orang melakukan kesalahan fatal ketika menjalani program bulking. Karena menaikkan berat badan berarti harus memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh, maka yang dilakukan adalah makan sebanyak-banyaknya makanan, tanpa perduli nilai gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Jika sudah demikian, yang naik justru adalah berat lemak, bukanlah otot.

Untuk mencegah semakin parahnya kesalahan yang dilakukan mereka yang sedang menjalani proses menaikkan berat badan, simaklah tips berguna berikut ini.

Jangan Berfokus Dengan Berat Yang Ada Di Timbangan

Scale

Scale via www.today.com

Kesalahan pertama yang orang lakukan adalah terlalu fokus pada timbangan. Timbangan biasa tidak bisa menjadi tolak ukur keberhasilan entah itu kalian yang mau menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan. Sebaiknya kalian coba mengambil foto dari beberapa sudut dan perhatikan apakah ada yang berubah dari tubuh Anda atau tidak. Mengukur lingkar pinggang dan juga massa lemak adalah cara lain mengetahui apakah berat badan yang naik itu adalah massa otot atau massa lemak.

Tentukan Target Yang Realistis

Gain Weight

Gain Weight via www.build-muscle-101.com

Menaikkan berat badan terutama massa otot tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebaliknya, sangat mudah apabila kalian ingin menaikkan massa lemak. Berlatih berjam-jam di gym dan makan gila-gilaan demi mencapai target berat badan yang diinginkan tidaklah bagus. Buatlah target yang realistis, misalnya ingin menaikkan 3 kg dalam waktu 1 bulan daripada 10 kg dalam waktu 1 bulan.

Menaikkan Berat Badan Dengan Junk Food? Coba Pikirkan Lagi

Junk Food

Junk Food via www.rd.com

Meskipun kalian berada dalam masa bulking, bukan berarti kalian bebas menelan makanan apa saja, apalagi junk food. Memang junk food memiliki kalori besar, tapi gizi yang ada di dalamnya tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bukan massa otot yang naik, kalian justru akan menaikkan massa lemak. Pilih mana, lemak atau otot?

Utamakan Gizi

Good Nutrition

Good Nutrition via www.nutritionadvance.com

Jangan menghitung kalori makanan saja, tapi kalian juga harus memperhitungkan nilai gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Memang untuk menaikkan berat badan dibutuhkan kalori dalam jumlah besar. Tapi jika berfokus pada kalori besar, makanan junk food memiliki kalori yang besar, tapi gizinya? Utamakan untuk mengkonsumsi kalori dalam jumlah besar dari makanan yang benar-benar bernutrisi.

Kardio

Cardio

Cardio via www.muscleandfitness.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk menaikkan berat badan, jangan lakukan kardio. Salah besar! Kalian tetap membutuhkan latihan kardio dalam program bulking. Bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, kardio bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mendistribusikan dan penyerapan nutrisi. Dan yang lebih penting lagi, kardio bisa membantu menurunkan lemak dalam tubuh.

Tentukan Lama Bulking

Calendar

Calendar via www.diamonddanceworks.com

Mau bulking? Sah-sah saja, tapi tentukan kapan harus dimulai dan kapan harus berakhir masa bulking tersebut. Tidak mungkin selamanya berada dalam masa bulking bukan? Masa bulking setidaknya dilakukan tidak lebih dari 20 minggu. Setelah itu, barulah kalian masuk masa yang dinamakan masa cutting.

Share: